Hadapi Revolusi Industri 4.0 di Era VUCA, SMAEXA Gelar Science Olympiad Ajang Temukan Scientist Muda

Perhelatan Science Olympiad (SO) tingkat SLTP se-Jawa Bali tahun 2022 yang diselenggarakan oleh SMA Excellent Al-Yasini telah dibuka secara virtual pada (Sabtu, 12/03/2022). Sebanyak 138 peserta perwakilan dari berbagai daerah diantaranya; Pasuruan, Probolinggo, Banyuwangi, Sidoarjo, Surabaya, Sampang, Kediri, Blitar, Tulungagung, Lamongan, Gresik, Ponorogo, Malang, Mojokerto, Bogor, Bekasi sampai Bali dengan antusias mengikuti olimpiade.

Perayaan ulang tahun sekolah yang biasa dikenal dengan istilah “Dies Maulidiyah” sudah menjadi kegiatan rutin yang diperingati setiap tahunnya di SMA Excellent Al-Yasini. Menginjak usia ke-17 tahun, momentum kali ini mengangkat tema “Agent Of Change”. Serangkaian acara DM ke-17 diperingati dengan berbagai jenis kegiatan dan lomba. Meskipun dalam suasana pandemi, SMA Excellent Al-Yasini tetap melaksanakan berbagai jenis lomba tersebut secara virtual. Adapun lomba yang diselenggarakan diantaranya, Science Olympiad, MLBB Tournament, Festival Al-Banjari, Pencak Silat, Solo Vocal, Story Telling dan Kaligrafi.

Mengawali serangkaian acara DM ke-17 tahun, Science Olympiad menjadi agenda perdana sekaligus pembuka kegiatan. “Tahun ini karena COVID-19, kami gelar Science Olympiad secara virtual. Ini ajang penyelenggaraan baru dan menjadi pengalaman berharga semua pihak, tentangan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya namun berkat upaya semua pihak akhirnya bisa direalisasikan walaupun menggunakan cara yang berbeda” kata H. Akhmad Munif dalam sambutannya saat pembukaan.

Lebih lanjut ia juga menyinggung tentang adaptasi dengan kebiasaan-kebiasaan baru yang terkadang menjadi hambatan dalam beraktivitas. “Kita semua harus bangkit dan tidak patah semangat. Ini waktunya menunjukkan pada dunia bahwa generasi muda Indonesia yang sesungguhnya adalah generasi yang ulet, jujur, dan pantang menyerah dalam menghadapi tantangan di depan mata,” tegasnya.

Akhmad Munif mengungkapkan ada hikmah besar di balik situasi pandemi bagi perkembangan sains yang menjadi tantangan terbesar sains abad ini. Semangat dan pengalaman mengikuti kompetisi sains di masa pandemi ini diharapkan akan menguatkan mimpi dan imajinasi hebat peserta untuk menjadi bagian generasi pembaharu dan pemberi solusi sains untuk kesehatan, teknologi dan kesejahteraan masyarakat di masa depan. “Adik-adik adalah talenta-talenta terbaik yang dimiliki bangsa ini, harus siap menopang kemandirian dan ketangguhan bangsa dengan penguasaan hebat di bidang Kecerdasan Buatan, Big Data, Internet of Think, Bioscience, dan energi yang akan menjadi jawaban atas tantangan perlindungan kemanusiaan menghadapi berbagai pandemik yang entah apa lagi yang akan muncul di masa depan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama ia juga menambahkan penguasaan di bidang-bidang inilah di antaranya yang akan menentukan nasib kejayaan bangsa-bangsa di masa yang akan datang sebagaimana para outlier dunia mengatakannya. Dan Indonesia berharap banyak pada generasi muda untuk itu, karena hari esok adalah hari ini, dan pemuda adalah talenta hebat Indonesia.

Kendati dilaksanaan secara virtual, dimana setiap peserta berada di sekolah/rumah masing-masing, tetapi ia menegaskan bahwa pihak penyelenggara tetap percaya, para peserta mengikutinya dengan jujur. Lebih lanjut ia menyampaikan, kompetisi dan medali bukanlah segala-segalanya karena jujur itu juara. ia berharap para peserta menekankan pentingnya integritas disaat pelaksanaan.

Akhmad Munif mengungkapkan apresiasinya terhadap semua pihak yang telah bekerja sama mensukseskan berlangsungnya OS tahun 2022. Sebelum secara resmi dibuka, ia mengucapkan selamat dan penghargaan kepada seluruh peserta di antara 52 juta generasi milenial Indonesia. “Kita bangga dan percaya bahwa prestasi yang sesungguhnya telah kalian bangun dengan megah, karena telah dimenangkan tantangan integritas dan kejujuran. Kalian lulus: jujur itu juara,” pungkasnya.

About Author


The Winner School

Jl. Ponpes Terpadu Al-Yasini, Desa Ngabar, Kecamatan Kraton, 67151 Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Follow by Email
Facebook
Facebook
YouTube
YouTube
Instagram
WhatsApp